Kamis, 19 Mei 2011

JADWAL KERETA API MADIUN JAYA DAN KOMUTER PRAMEKS

Jadwal Perjalanan KRDI “Madiun Jaya” dicatat pada 1 Januari 2011

Ini merupakan jadwal kereta api yang saya catat pada tanggal 1 januari 2011. Bukannya merupakan jadwal baru atau terdapat perubahan jadwal, jadwalnya sendiri mungkin sama dengan jadwal beberapa bulan sebelumnya. Tapi setidaknya masih berlaku pada tanggal tersebut sampai terdapat perubahan jadwal.
Kenapa saya suka mem-post jadwal kereta prameks atau madiun jaya? Ini karena saya sering naik kereta tersebut saat pulang kampung ke daerah tempursari mantingan ngawi. Di samping untuk catatan sendiri, semoga berguna juga bagi orang lain yang mencari jadwal kereta ini di Internet.
Ada beberapa alasan kenapa saya suka naik kereta api dibanding naik bus jika pulang kampung, antara lain :
  1. Yang jelas Murmer, alias Murah Meriah
  2. Cepat, tanpa lampu merah dan macet. Jika naik bis biasa butuh waktu lebih dari 4 jam sampai rumah, naik kereta hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam saja.
  3. Tanpa bau bensin
  4. Melewati daerah-daerah persawahan yang segar udaranya, tanpa polusi
  5. Tempat tinggal saya di Jogja dan di Tempursari Mantingan Ngawi sama-sama dekat dengan stasiun kereta api. Jika di Jogja menuju stasiun lempuyangan hanya sekitar 500 m, Tempursari sampai ke stasiun Kedungbanteng juga hanya sekitar 1 km.
Seperti halnya jadwal pramek yang saya post di sini, jadwal ini saya susun per stasiun, dimana KRDI (Kereta Rel Diesel Indonesia) “Madiun Jaya” ini melewati stasiun : Madiun, Barat, Geneng, Paron, Kedunggalar, Walikukun, Kedung Banteng, Kebon Romo, Sragen, Solo Jebres, Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, Yogyakarta.

Untuk memahami tabel perjalanan kereta ini, pertama perhatikan tabel berikut ini.


Terlihat bahwa kolom warna ungu adalah tabel perjalanan kereta ke arah barat atau kereta dari Madiun ke Yogyakarta, sedangkan yang berwarna hijau adalah ke arah timur atau perjalanan kereta api dari Yogyakarta ke madiun.

Selanjutnya, jadwal tiap stasiun hanya terlihat warna yang menunjukkan arah perjalanan, serta kapan kereta tersebut datang dan berangkat:
berikut tabel lengkapnya per stasiun :

1. Stasiun Madiun


2. Stasiun Barat


3. Stasiun Geneng


4. Stasiun Paron


5. Stasiun Kedunggalar


6. Stasiun Walikukun


7. Stasiun Kedungbanteng


8. Stasiun Kebonromo


9. Stasiun Sragen


10. Stasiun Solojebres


11. Stasiun Solobalapan


12. Stasiun Purwosari


13. Stasiun Klaten


14. Stasiun Maguwo


15. Stasiun Lempuyangan


16. Stasiun Yogyakarta

Demikian. Semoga bermanfaat.

sincerely yours,
sochib


3 komentar:

  1. Madiun Dan Kereta
    Sweet Memory :)

    BalasHapus
  2. makasih banget untuk info Jadwal Kereta api Madiun Jaya - nya. saya sangat terbantu, kebeneran lagi pengen nyobain naik kereta ini ke madiun...

    BalasHapus
  3. kalau naik dari stasiun geneng ke balapan,atau sebaliknya solo balapan-stasiun geneng bisa berarti ya?

    BalasHapus